Dari Manakah Asal Pengukuran Waktu, Panjang, dan Massa??


Banyak dari kita yang telah akrab dengan kata-kata sekon, meter, dan juga kilogram. Itu semua merupakan bagian dari pengukuran waktu, panjang, dan massa. Namun apakah kalian tahu bagaimana asal pengukuran itu semua?

1. Waktu
Dari tahun 1889 sampai 1967, satuan waktu didefinisikan sebagai satuan fraksi tertentu dari rata-rata lamanya siang hari (yaitu saat matahari bersinar), waktu rata-rata antara kedatangan berturut-turut matahari pada titik tertingginya di langit. Standar yang sekarang digunakan, dibuat tahun 1967, jauh lebih teliti. Standar itu berdasarkan jam atomik yang menggunakan beda energi antara dua tingkat energi terendah dari atom cesium. Ketika ditembaki dengan gelombang mikro pada frekuensi yang tepat, atom cesium mengalami transisi dari salah satu dari tingkat energi ini ke energi yang satunya. Satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan untuk melakukan 9.192.631.770 siklus dari radiasi ini.
2. Panjang
Dari tahun 1960 standar atomik untuk meter juga telah ditetapkan, dengan menggunakan panjang gelombang dari cahaya jingga-merah yang diemisikan oleh atom-atom kripton (86Kr) di dalam suatu tabung lucutan cahaya. Pada November 1983 standar panjang berubah lagi, secara lebih radikal. Laju rambat cahaya dalam ruang hampa didefinisikan dengan tepat sebagai 299.792.458 m/s. Meter didefinisikan ulang supaya konsisten dengan bilangan ini dan dengan definisi sekon seperti di atas. Karena itu definisi meter yang baru adalah jarak yang ditempuh cahaya di ruang hampa dalam 1/299.792.458 m/s. Cara ini memberikan standar panjang yang jauh lebih teliti daripada standar yang didasarkan pada panjang gelombang cahaya.
3. Massa
Standar massa, kilogram, didefinisikan sebagai massa suatu tabung yang terbuat dari paduan (alloy) platinum-iridium. Tabung tersebut disimpan di International Bureau of Weights and Measures di Sevres, dekat Paris. Suatu standar atomik dari massa akan membuatnya lebih mendasar lagi, tetapi hingga sekarang kita belum dapat mengukur massa dalam skala atomik seperti akurasi dalam skala makroskopik. Gram (yang bukan satuan dasar) adalah 0,001 kilogram.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pemimpin dan Narapidana

The Number One for Me